19 Juni 2019

81 Persen Lulusan SMA Di Jabar, Pengamat: Segera Sahkan Dewan Pendidikan

RMOLJabar. Ditengah persaingan global, tuntutan dunia pendidikan sudah seharusnya lebih dari Strata Dua (S2) Namun data menunjukkan, pendidikan orang Indonesia rata-rata masih belum lulus SMP. 

 Demikian, diungkapkan Pengamat Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Cecep Darmawan, saat dihubungi RMOLJabar, Minggu (5/4)

Di Jawa Barat misalnya lulusan SMA yang melanjutkan ke perguruan tinggi hanya sekitar 17-19% saja setiap tahunnya, artinya 81% orang Jawa Barat tingkat SMA tidak melanjutkan ke perguruan tinggi.

"Pertanyaannya yang tidak melanjutkan kemana dan itu menumpuk tiap tahun, sementara Jabar mau juara. Juaranya di mana kalau seperti itu dan itu auto kritik juga bagi pemerintah provinsi," ujar Cecep.

Selain itu Cecep juga mengkritik Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, yang dinilainya terlalu lama mengesahkan Dewan Pendidikan, padahal menurutnya dewan pendidikan stakeholder yang bisa menopang atau menjadi mitra dalam bidang pendidikan di Jawa Barat.

"Kemarin lagi rame soal dewan pendidikan dan itu hal penting sesuai amanat undang-undang. Kenapa gubernur terlalu lama untuk melakukan pengesahan. Ada apa sebetulnya? Jadi, gubernur harus segera mengesahkan dewan pendidikan," tandasnya. [yud]

Copyright © Cecep Darmawan | Guru Besar Universitas Pendidikan Indonesia