19 Juni 2019

Panitia PPDB 2019 Gelar "Diskusi Publik Persiapan PPDB 2019"

BANDUNG, DISDIK JABAR – Panitia Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2019 Jawa Barat menggelar 'Diskusi Publik Persiapan PPDB 2019" di Hotel Holiday Inn, Jln. Dr. Djunjunan No. 96, Kota Bandung, Rabu (12/6/2019). Diskusi dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Jawa Barat (Jabar), Dewi Sartika dan dihadiri berbagai stakeholder pendidikan di Jabar.
Kadisdik menjelaskan, persiapan PPDB 2019 telah mencapai tahap akhir. Setelah melalui tahap sosialisasi yang masih digencarkan, Disdik Jabar mendorong seluruh satuan pendidikan untuk melakukan simulasi pendaftaran PPDB di sekolah masing-masing. “Simulasi penting untuk mengukur kesiapan sekolah saat hari pendaftaran. Ini salah satu antisipasi agar saat pelaksanaan semuanya telah direncakan dengan matang,” ujarnya.

Mengingat cakupan provinsi yang luas, lanjut Kadisdik, pihaknya tak mungkin bisa menyelesaikan semua permasalahan di lapangan tanpa bantuan seluruh panitia serta masukan dari para stakeholder pendidikan yang ada di Jabar. 

“Semoga di forum ini muncul ide-ide yang diciptakan bersama guna terselenggaranya PPDB yang kondusif dan berjalan sebaik-baiknya,” harapnya.

Perwakilan Ikatan Alumni (IKA) Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Cecep Darmawan mengapresiasi Disdik Jabar yang mengambil langkah proaktif dalam proses persiapan PPDB tahun ini. Ia pun menilai baik seluruh regulasi PPDB yang terhimpun dalam petunjuk teknis. Namun, Cecep menegaskan harus ada konsistensi Disdik Jabar dalam proses implementasi ketentuan tersebut.

“Sebaik-baiknya peraturan adalah peraturan yang dilaksanakan dengan baik. Karena, jika carut-marut dimulai dari sisi regulasi maka permasalahan akan melebar kemana-mana,” katanya.

Lebih jauh, Cecep berharap ada tindakan tegas terhadap oknum yang melanggar ketentuan PPDB 2019 saat proses pelaksanaaan. “Harus ada sanksi tegas. Jika hal itu bisa ditegakkan, Jabar bisa menjadi best practice sebagai zona integritas PPDB tahun ini,” pungkasnya. 

Selain dihadiri Panitia PPDB 2019, diskusi tersebut juga dihadiri 22 organisasi pendidikan yang ada di Jabar. Antara lain, Asosiasi Ketua Komite SMA Provinsi Jawa Barat, Dewan Pendidikan Kota Bandung, IKA UPI Jabar, PGRI Jabar, Komunitas Peduli Pendidikan Jabar, dan Ikatan Guru Indonesia.***

Copyright © Cecep Darmawan | Guru Besar Universitas Pendidikan Indonesia