20 Agustus 2017

Cecep: Kepsek Jangan Dilibatkan dalam Proyek

SUBANG-Tertangkapkan kepala SMK oleh kejaksaan karena kasus dugaan korupsi membuat prihatin banyak pihak. Seharusnya seorang kepala sekolah menjadi teladan.
Guru besar UPI Bandung Prof Cecep Darmawan menyarankan agar kepala sekolah (Kepsek) tidak dilibatkan dalam pengelolaan proyek. Seharusnya pengerjaan proyek hanya menjadi ranah Dinas Pendidikan saja.
“Ini memprihatinkan dan harus menjadi perhatian kepala sekolah lainnya, jangan sampai seperti itu terulang lagi. Harus mentaati semua aturan mainnya,” ujar Cecep, kemarin.
Agar kejadian itu tidak terulang, harus ada pengawasan yang ketat dari dinas pendidikan, inspektorat, komite sekolah serta media.
Sebaiknya kata Cecep, Disdik membuat regulasi agar kepala sekolah tidak terlibat langsung dalam pengerjaan proyek. “Kepala sekolah hanya sebagai user saja,” tandasnya.
Diberitakan sebelumnya, seorang kepala sekolah SMK di Cijambe, AT ditahan Kejari Subang karena diduga melakukan korupsi bantuan untuk pembangunan ruang laboratorium Rp250 juta. Kejari menyatakan kemungkinan ada tersangka lain dalam kasus ini.(man)

Copyright © Cecep Darmawan | Guru Besar Universitas Pendidikan Indonesia