04 April 2017

Cecep: "Mahasiswa Diharapkan Lebih Lekat dengan Media Tulisan"

BANDUNG, (PRLM).-Mahasiswa diharapkan untuk membiasakan diri membuat karya tulisan. Kebiasaan menulis itu akan merefleksikan nilai intelektual yang dimiliki mahasiswa.


Menurut Direktur Kemahasiswaan Universitas Pendidikan Indonesia Cecep Darmawan, hasil karya tulis yang dipublikasikan, baik yang dimuat di media massa maupun dijadikan buku itu akan mendapat apresiasi lebih dari publik.

Terlebih, kata dia, semangat mahasiswa yang masih mempunyai pola pikir idealis akan lebih baik jika dituangkan ke dalam sebuah karya tulis. "Karya tulis akan lebih efektif daripada melakukan demo," ujar Cecep, seusai Acara Pemberian Penghargaan bagi Mahasiswa UPI yang Berprestasi, dengan tema "Meningkatkan Kreatifitas dan Softskill dalam Rangka Mewujudkan UPI yang Pelopor dan Unggul," di Gedung BPU UPI, Bandung, Kamis (23/12).

Cecep mengungkapkan, sebuah karya tulisan yang dipublikasikan pada media massa dinilai lebih efektif daripada aksi demo. Hal ini disebabkan penuangan pemikiran melalui tulisan yang komprehensif mampu diterima dengan baik oleh publik.
Selain itu, pemikiran dan kritik bermakna idealis yang sering disuarakan mahasiswa juga akan menjangkau khalayak lebih luas , karena penyebaran media massa yang menjangkau banyak wilayah. “Media massa banyak memberikan tempat bagi para penulis tanpa melihat dia dosen ataupun mahasiswa. Saya melihat karya tulis mahasiswa banyak yang dimuat di media dan isinya bagus, bahkan lebih bagus daripada dosen,” katanya.

Oleh karena itu, ia menginginkan para mahasiswa untuk lebih lekat dengan media tulisan. (A-196/kur)***

Sumber: Pikiran Rakyat

Copyright © Cecep Darmawan | Guru Besar Universitas Pendidikan Indonesia