31 Januari 2020

Hadapi Pilkada 2020, Warga Jawa Barat Harus Tetap Guyub

PIKIRAN RAKYAT –  Menghadapi pilkada serentak 2020 Provinsi Jawa Barat, Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Jabar  mengajak seluruh elemen masyarakat untuk tetap solid, kompak, dan guyub.

Meski pilihan politik kepada kandidat berbeda, kebersamaan dan kedamaian dalam masyarakat harus tetap terjalin kuat.

Demikian benang merah  diskusi  terbatas pada kegiatan Kajian Situasi Daerah Bersama Bidang Teknis di Aula Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Jabar, Jumat, 31 Januari 2020.

Acara berlangsung dua hari sejak 30 Desember 2020. Hadir pada kegiatan tersebut Ketua FKDM Jabar Prof Dr Cecep Darmawan, Ketua Bakesbangpol Jabar Dr Herry Hudaya, Sekretaris Kebangpol Jabar Sapta Yulianto Dasuki dan Kabid Kewaspadaan Eti Kusmiati serta unsur terkait lainnya.


FKDM adalah organisasi yang kedudukannya telah diatur dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri No 46 tahun 2019 tentang kewaspadaan dini di daerah. Pada 2020, delapan daerah yang akan melaksanakan pilkada serentak adalah Kabupaten Bandung, Kab. Cianjur, Kab. Sukabumi, Kab. Karawang, Kab. Indramayu, Kab. Tasikmalaya, Kab. Pangandaran, dan Kota Depok.

“Lakukan silaturahim politik dengan sehat. FKDM siap menjadi salah satu komponen bangsa dalam turut menjaga keutuhan bangsa dan kohesivitas sosial masyarakat,” ucap Cecep Darmawan yang juga  Guru besar Universitas Pendidikan Indonesia. 

Ia menegaskan FKDM dan seluruh elemen masyarakat lainnya ingin menjadi garda depan dalam menjaga kesatuan dan persatuan bangsa.

***

Copyright © Cecep Darmawan | Guru Besar Universitas Pendidikan Indonesia