16 Februari 2020

Prof. Cewan: Tulis yang Kamu Pikirkan, Pikir yang Kamu Tulis

LimaQa.com – Budaya menulis adalah budaya yang masih sangat awam untuk masyarakat di Indonesia, apalagi budaya menulis karya ilmiah. Pemerintah dengan berbagai cara mencoba mendorong tumbuhnya budaya menulis karya ilmiah, terutama karya ilmiah jurnal.

Melalui berbagai peraturan, pemerintah “Memaksa” tumbunnya inisiatif mempublikasikan karya ilmiah jurnal melalui Dosen dan Mahasiswa.
Komunitas akademik tersebut diwajibkan untuk mampu mempublikasikan karya ilmiah jurnal, namun selama ini pemerintah tidak dengan sungguh-sungguh mendampingi peningkatan kualitas dan kapasitas menulis karya ilmiah jurnal tersebut.

ICMI orwil Jabar melalui ICMI Jabar Publishing menghadirkan program untuk mengisi ruang kosong tersebut melalui Workshop Digital Academic Writing Penulisan Karya Ilmiah Jurnal.

Prof. Cecep Darmawan, Guru Besar UPI Bandung diminta sebagai narasumber pàda acara tersebut, Prof. Cewan begitu beliau akrab dipanggil menyampaikan materi tentang “Tips dan Strategi Menulis Karya Ilmiah Jurnal Internasional”.
Pesan yang paling membekas dari Prof. Cewan adalah sebuah Quote yang akan dipegang oleh para peserta yaitu “Tulis yang kamu pikirkan, Pikir yang kamu Tuliskan”. 

Quote ini sangat memiliki makna yang dalam, sebuah makna yang Mendobrak Mental Blocking pada diri Akademisi dalam menulis. 

Kebuntuan dan keragu-raguan adalah penghalang awal dalam menulis karya ilmiah jurnal.

Dengan Quote yang kuat ini, Peserta di harapkan dapat mendobrak Mental Blockingnya sehingga mampu memulai menulis karya ilmiah jurnal.

Als-LimaQa

Copyright © Cecep Darmawan | Guru Besar Universitas Pendidikan Indonesia