16 Februari 2020

ICMI Orwil Jabar Gelar Workshop Digital Academic Writing Guna Menembus Jurnal Nasional Terakreditasi dan Jurnal Internasional Berreputasi

Terasjabarco – Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI) Orwil Jawa Barat menyelenggarakan Workshop “Digital Academic Writing Guna Menembus Jurnal Nasional Terakreditasi dan Jurnal Internasional Berreputasi”, bertempat di Gedung Madani Lt. 3 Sekretariat ICMI Orwil Jabar Jl. Cikutra No. 276 Bandung, Sabtu (15/2/2020).

Acara dibuka oleh Ketua ICMI Orwil Jawa Barat Prof. Dr. H. Moh. Najib, M.Ag. didampingi Sekretaris ICMI Jabar Dr. H. Ujang Saefullah, M.Si., Bendahara ICMI Jabar Dr. H. Encup Supriatna, M.Si., dan Direktur ICMI Jabar Publishing H. Dedeng Yusuf Maolani, SH., M.Si.

Dalam laporannya Sekretaris ICMI Orwil Jabar Dr. H. Ujang Saefullah, M.Si. mengatakan bahwa dilaksanakannya Workshop ini dalam rangka untuk membantu para Dosen dan Mahasiawa Pasca Sarjana untuk membuat artikel jurnal/tulisan ilmiah.

“Workshop ini persiapannnya sangat mendadak hanya 2 hari namun demikian, Alhamdulillah pesertanya tercatat sebanyak 150 orang terdiri dari para dosen dari daerah se-Jabar, mahasiswa Pascasarjana dari UIN Bandung, pejabat struktural dari IPDN, bahkan Widyaiswara turut serta mengkuti workshop ini”, kata Ujang.

Hadir sebagai narasumber Prof. Dr. H.Cecep Darmawan,S.Pd., S.Ip., M.Si., MH. (Guru Besar Ilmu Politik UPI Bandung yang juga Wakil Ketua ICMI Jabar), Avid Leonardi Sari (CEO GoAcademica Consulting & Publishing) dan Irwandi (CTO GoAcademica Consulting & Publishing) yang juga dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UIN Sunan Gunung Djati Bandung.


Seuasai acara, Ketua ICMI Orwil Jawa Barat Prof. Dr. H. Moh. Najib, M.Ag., mengatakan bahwa kebanyakan para dosen di Indonesia mengalami kendala untuk naik pangkat karena salah satu persyaratannya adalah publikasi ilmiah berupa artikel jurnal yang dimuat di Jurnal Nasional maupun Jurnal Internasional.

“Untuk menjawab tantangan tersebut ICMI Jabar telah memiliki badan otonom namanya ICMI Jabar Publishing yang sedang membangun jurnal internasional dengan nama Abshor: Internasional Joruanl of Science Review”, tegas Prof. Najib.

Lebih lanjut dikatakannya bahwa dibentuknya jurnal internasional tersebut tujuan adalah untuk mempublikasikan karya ilmiah dari para akademisi dari berbagai bidang ilmu.

“Kemudian, ini juga menjadi salah satu komitmen bahwa kami punya kepedulian untuk berkontribusi dalam hal publikasi ilmiah yang bersifat nasional maupun internasional”, katanya.


Sementara itu Wakil Ketua ICMI Jabar Prof. Dr. Cecep Darmawan atau yang akrab disapa Prof. Cewan mengatakan bahwa workshop ini adalah gerakan latihan untuk menulis dan mempublikasikan jurnal internasional dan jurnal nasional.

“Karena banyak diantaranya adalah menjadi kebutuhan para dosen dan banyak diantara para dosen itu tidak atau tidak paham atau belum terbiasa menulis dan mempublikasikan hasil-hasil karya akademik di jurnal nasional maupun jurnal internasional. Pelatihan atau diselenggarakan dalam rangka memberikan pembekalan keterampilan bagaimana cara menulis dan publikasi di jurnal nasional dan internasional”, kata Prof. Cewan.

“Workshop ini merupakan yang pertama kali dilaksanakan dan Saya berharap dapat berkelanjutan sampai kepada pelatihan-pelatihan yang lebih real, mereka para peserta itu bisa mencoba tulisan secara utuh dan bagaimana mengaksesnya pada jurnal jurnal yang berreputasi internasional. Ini sebagai best practice terutama bagi pemula. Sesungguhnya menulis jurnal itu tidak terlalu sulit jika kita tahu jalannya, caranya, trik-triknya, karena menulis itu adalah skill dan keterampilan yang harus dilatih. Kegiatan ini cukup luar biasa karena barangkali ini jarang dilakukan secara gratis disini dan kita ingin ini menjadi sarana kebaikan buat semua semuanya”, tegas Prof. Cewan.

Sementara itu, Direktur ICMI Jabar Publishing H. Dedeng Yusuf Maolani, SH., M.Si., mengatakan bahwa selain kegiatan workshop, hari ini juga merupakan peluncuran ICMI Jabar Publishing.

“ICMI Jabar Publishing merupakan program khusus dari ICMI dalam rangka membantu para akademisi dalm hal publikasi ilmiah. Selain jurnal internasional, kita juga melaunching portal berita online dan portal dakwah digital dalam rangka mendukung program Pemprov Jabar. Program ICMI Publishing ini sesuai dengan arahan Ketua ICMI Jabar dalam rangka untuk mendorong Jabar Juara, dalam bidang peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM  sejalan dengan program Gubernur Jabar,” kata H. Dedeng. 

***
Ocid Sutarsa

Copyright © Cecep Darmawan | Guru Besar Universitas Pendidikan Indonesia