03 Januari 2023

Meningkatkan Potensi Guru di Era Digital, SMP Prima Cendekia Islami Gelar Workshop


Edisi.co.id, Bandung
 - Tahun ajaran baru 2021/2022, akan segera dimulai pada bulan Juli 2021. Pelaksanaannya apakah daring atau luring, atau kombinasi diantara keduanya, masih menunggu keputusan resmi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Untuk mempersiapkan kompetensi guru dalam pembelajaran digital, jelang tahun ajaran baru 2021/2022, SMP Prima Cendekia Islami menggelar kegiatan pelatihan kompetensi guru selama enam hari, bertempat di kampus SMP Prima Cendekia Islami di Baleendah Kabupaten Bandung.

Kepala SMP Prima Cendekia Islami, Beny Saputro, S.Pd., M.Pd., mengemukakan bahwa dengan dukungan kuat dari Yayasan, sekolah kami terus berbenah, tidak hanya dalam segi sarana dan prasarana yang memadai tetapi juga mempersiapkan dan mengembangkan potensi guru-gurunya, ungkapnya pada Senin, 31 Mei 2021 selepas acara pelantikan Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Guru dan Karyawan, Yayasan Pendidikan Prima Cendekia Islami.

Melalui kerja sama dengan Program Studi Pendidikan Sosiologi Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), kami selenggarakan Workshop dengan tema: "Peningkatan Profesionalisme dan Kompetensi Guru dalam Pembelajaran Digital". Dalam workshop itu, dijadwalkan para narasumber yang mumpuni, antara lain Prof. Dr. Cecep Darmawan, Prof. Dr. Dinn Wahyudin, Prof. Dr. Dadan Wildan, M. Hum, Hj. Siti Komariah, Dra., M. Si., Ph. D, serta Rolla Fardila, guru yang juga youtuber dan aktivis rumah belajar Kemdikbud.

“Ini merupakan wujud totalitas Yayasan Pendidikan Prima Cendekia Islami untuk meningkatkan potensi guru yang kami miliki. Narasumber yang dihadirkan merupakan pakar-pakar pendidikan yang tidak perlu diragukan lagi. Jarang-jarang para guru besar mau turun ke sekolah setingkat SMP. Ini peluang dan kesempatan bagi para guru kami untuk berinteraksi dengan para guru besar UPI.” tutur Prof. Dadan Wildan selaku Ketua Yayasan.

Prof. Cecep mengemukakan bahwa salah satu kriteria guru ideal Abad 21 adalah guru yang memiliki landasan religiusitas, berjiwa cendekiawan dan memiliki kecerdasan digital. Ini selaras dengan visi dan misi sekolah SMP Prima Cendekia Islami.” tutur Prof. Cecep Darmawan.


Dalam kesempatan tersebut Prof. Cecep juga mengapresiasi tentang fasilitas yang dihadirkan SMP Prima Cendekia Islami “Guru saat ini harus melek digital, sehingga fasilitas lengkap yang dimiliki disini diharapkan mampu dimanfaatkan untuk menunjang kegiatan belajar mengajar berbasis digital.”

Beny Saputro, S.Pd., M.Pd selaku Kepala Sekolah SMP Prima Cendekia Islami menambahkan “Workshop hari ini merupakan salah satu rangkaian dari tiga sesi workshop yang akan diselenggarakan untuk mempersiapkan diri menyambut Tahun Ajaran Baru. Dua sesi kegiatan dilaksanakan di sekolah, dan satu sesi lagi di luar sekolah“ pungkasnya.

Editor: Administrator

Sumber: https://www.edisi.co.id/berita/pr-97923070/meningkatkan-potensi-guru-di-era-digital-smp-prima-cendekia-islami-gelar-workshop

 

Copyright © Cecep Darmawan | Guru Besar Universitas Pendidikan Indonesia