26 Februari 2020

Cecep Darmawan: Kejahatan Narkoba itu Kejahatan Extra Ordinary

Kejahatan narkoba merupakan kejahatan luar biasa (extra ordinary) yang musti diwaspadai semua pihak. Perlu ditingkatkan kepedulian antara unsur pemerintah, masyarakat, dan aparat. Terutama di komplek perumahan elite. Nampaknya kohesivitas sosial sudah mulai berkurang.

"Penggerebekan pabrik narkoba di lahan Pemkot Bandung beberapa waktu lalu sungguh menjadi pukulan telak bagi Pemkot. Aset pemkot harus dijaga jangan sampai disalahgunakan," ujar Cecep Darmawan, Ketua FKDM Jabar saat diwawancarai Radio Elsinta.

Cecep memandang perlu kembali menghidupkan kembali keguyuban warga. Bahu membahu antar RT, pemuda masjid, karang taruna sehingga terjalin komunikasi dan ikatan emosional atau persaudaraan yang lebih erat.

Selain itu perlu adanya kerjasama berbagai elemen. Pemerintah daerah, kepolisian setempat sampai unit terkecil. Di kelurahan diaktifkan FKDM di tingkat kelurahan dan kecamatan.

Terkait warga pendatang. Perlu dipastikan adanya pendataan. "Ketahui pendatang itu sebagai apa? Bekerja atau hanya berkunjung," terangnya. Peran dari pengurus RT, RW dan keluarahan sangat penting.

Perlu ditumbuhkan keterbukaan antarwarga, menjalin silaturahim, dan tak ada sekat antara masyarakat dengan warga komplek perumahan.

"Jangan sampai antarwarga tak saling kenal. Sehingga saat terjadi kejahatan nyaris tak mengetahui sama sekali. Perlu saling menjaga satu dengan yang lain. Selain itu aktifkan kembali brigadir RW," pungkasnya.

***






Copyright © Cecep Darmawan | Guru Besar Universitas Pendidikan Indonesia