28 November 2020

Peta Jalan Pendidikan Kebutuhan Mendesak


REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Direktur Center for Educational Quality Improvement (CeQu) Darul Hikam Bandung, Cecep Darmawan mengatakan penyusunan peta jalan pendidikan nasional adalah suatu kebutuhan mendesak. Peta jalan pendidikan harus dibuat untuk memberikan tuntutan pendidikan nasional ke depannya.


"Arah dalam membangun grand design sistem pendidikan nasional bangsa Indonesia yang handal dan responsif terhadap perkembangan zaman yang semakin akseleratif dewasa ini," kata Cecep, dalam keterangannya, Ahad (8/11).

Guru besar Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) ini mengatakan, pendidikan harus disiapkan menghadapi abad 21 dan era industri 4.0 menyongsong masyarakat 5.0. Hal ini harus direspon secara profesional oleh segenap elemen Banga Indonesia.

Selain itu, pembangunan bidang pendidikan tak terpisahkan dari pembangunan nasional. Cecep menegaskan, pembangunan pendidikan harus terus dilakukan secara lebih terarah untuk menghasilkan manusia Indonesia yang berkualitas dan kompetitif di masa depan.

Segala persiapan ini harus terarah sehingga penyusunan peta jalan untuk pendidikan nasional merupakan hal yang wajib dilakukan. Cecep mengatakan, persiapan ini penting dalam rangka menjaga eksistensi dan kelangsungan Bangsa Indonesia ke depan.

"Dengan pendidikan yang berkualitas, akan semakin mempertegas daya saing (competitiveness) bangsa Indonesia di tengah percaturan global saat ini," kata Cecep menambahkan.


Copyright © Cecep Darmawan | Guru Besar Universitas Pendidikan Indonesia