20 September 2017

Prof. Cecep Tampil dalam Forum Grup Diskusi Pendidikan Karakter

Prof. Dr. H. Cecep Darmawan, S.Pd., S.Ip., M.Si., M.H. tampil menjadi narasumber dalam Forum Grup Diskusi yang dihadiri para guru SMP, Rabu  (20/9) kemarin. Ia memaparkan materi dengan judul "Membangun Karakter Anak Didik Berdasarkan Nilai-nilai Pancasila". Kegiatan FGD diadakan oleh Kesbangpol Kota Bandung bertempat di Hotel Elroyale, Jalan Merdeka, Bandung.

Dalam paparannya, Cecep mengungkapkan sejumlah permasalahan yang terjadi saat ini. "Ada sepuluh permasalahan bangsa yang saat ini begitu memprihatinkan," ujar Guru Besar Ilmu Politik Universitas Pendidikan Indonesia itu. Menurutnya kesepuluh permasalahan itu meliputi: pertama, tingginya praktek korupsi, kolusi, dan nepotisme atau lebih dikenal KKN. Kemudian kedua, melambungnya angka pengangguran dan kemiskinan.  Ketiga, sering terjadi pencurian ikan (Illegal Fishing).

"Selanjutnya yang keempat adalah pembalakan kayu. Kelima, perjudian dan narkoba. Keenam berkurangnya cadangan sumber daya alam dan buruknya lingkungan hidup," tegas Ketua Harian Persatuan Guru Besar (Pergubi) Jabar tersebut.

Cecep menambahkan permsalahan ketujuh adalah terjadinya krisis keteladanan. "Hampir setiap lini kehidupan kita miskin sosok yang memberikan keteladanan," ujarnya. Berikutnya kedelapan yang tak kalah penting melemahnya patriotisme dan nasionalisme. Kesembilan melemahnya perekonomian bangsa adapun yang terakhir melemahnya karakter bangsa.

Copyright © Cecep Darmawan | Guru Besar Universitas Pendidikan Indonesia